Makalah Seni
Budaya
Perkembangan
Seni Rupa Nusantara dan Mancanegara
D
I
S
U
S
U
N
O
L
E
H
Nama : Rahmatullah
Nis : 5794
Kelas : XII.IA2
SMA
Negeri 2 Watansoppeng
Tahun
Pelajaran 2013/2014
KATA
PENGANTAR
Puji syukur kami
panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat, karunia, serta
taufik dan hidayah-Nya lah saya dapat menyelesaikan makalah yang berjudul
Perkembangan Seni Rupa Nusantara dan Mancanegara ini sebatas pengetahuan dan
kemampuan yang dimiliki.
Saya berharap makalah ini dapat berguna dalam rangka
menambah wawasan serta pengetahuan kita mengenai Perkembangan Seni Rupa
Nusantara dan Mancanegara.
Saya juga menyadari sepenuhnya bahwa di dalam
makalah ini terdapat kekurangan-kekurangan dan jauh dari apa yang saya
harapkan. Untuk itu, saya berharap adanya kritik, saran dan usulan demi
perbaikan di masa yang akan datang, mengingat tidak ada sesuatu yang sempurna
tanpa sarana yang membangun.
Semoga makalah sederhana ini dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya.
Sekiranya makalah yang telah disusun ini dapat berguna bagi saya sendiri maupun
orang yang membacanya. Sebelumnya saya mohon maaf apabila terdapat kesalahan
kata yang kurang berkenan dan saya memohon kritik dan saran yang membangun demi
perbaikan di masa depan.
Watansoppeng,
September 2013
Penyusun
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Dalam makalah yang singkat ini, saya
akan membahas tentang Perkembangan Seni Rupa Nusantara dan Mancanegara. Hal ini
bertujuan untuk menambah wawasan kita mengenai Perkembangan Seni Rupa Nusantara
dan Mancanegara.
Seni Rupa
Nusantara adalah beragam bentuk kesenian yang tumbuh dan berkembang di masing-masing
daerah yang ada di seluruh wilayah Indonesia. Ragam bentuk kesenian Nusantara
tumbuh sebagai hasil olah budaya masyarakat yang hidup disuatu wilayah sesuai
dengan adat istiadat dan kondisi lingkungannya. Dari sekian banyak bentuk
kesenian yang berkembang, salah satunya adalah bentuk karya seni rupa.
Seni Rupa Mancanegara adalah hasil karya seni rupa yang berisi nilai budaya mancanegara.
Seni tersebut berasal dari luar negeri sehingga disebut seni rupa mancanegara.
B.
Rumusan
Masalah
1. Apakah
pengertian dari seni rupa nusantara dan mancanegara?
2. Apakah
fungsi seni rupa nusantara dan mancanegara?
3.
Bagaimana proses perkembangan seni
rupa nusantara dan seni rupa mancanegara?
BAB
II
PEMBAHASAN
SENI RUPA
NUSANTARA
Seni Rupa Nusantara adalah beragam bentuk kesenian yang
tumbuh dan berkembang di masing-masing daerah yang ada di seluruh wilayah
Indonesia.
FUNGSI DAN MAKNA
Karya seni rupa nusantara dibuat tentu
mempunyai fungsi atau manfaat. Secara garis besar fungsi karya seni rupa
nusantara dapat dibedakan menjadi dua, yaitu fungsi estetis dan fungsi praktis.
Fungsi estetis pada karya seni rupa nusantara adalah untuk memenuhi kebutuhan
hidup manusia akan cita rasa keindahan. Fungsi praktis pada karya seni rupa
nusantara adalah untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia akan benda pakai.
Manusia sebagai makhluk yang berbudaya memiliki akal untuk
berpikir,berekspresi, dan berkomunikasi dengan manusia lain, didalam
mengekspresikan cita rasa keindahan, manusia membutuhkan karya seni rupa
nusantara, misalnya gambar,lukisan,patung,keramik,
dan benda hias lainnya.
Seni rupa nusantara
sebagai sebuah karya manusia, tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan hidup yang
bersifat fisik belaka, namun dapat juga memenuhi kebutuhan akan nilai – nilai
dasar kehidupan. Nilai nilai dasar kehidupan ini dimiliki oleh masyarakat yang
berbudaya. Karya seni rupa secara fisik memang berupa benda, namun di balik
penampilan fisiknya memiliki isi, yaitu nilai yang bermakna.
Fase – Fase Perkembangan Sejarah Senirupa Indonesia
Secara
garis besar fase perkembangan sejarah senirupa Indonesia dapat dikategorikan
kedalam 7 fase, yaitu :
1. Masa Perintisan yaitu
sekitar tahun 1817 sampai tahun 1880
Pada
masa perintisan ini tokoh yang paling dikenal adalah Raden Saleh, dengan
nama lengkap Raden Saleh Syarif Bustaman Lahir di Terbaya, pada tahun 1814
-1880, putra keluarga bangsawan pribumi yang mampu melukis gaya atau cara
barat, baik dari segi alat, media maupun teknik, dengan penggambaran yang natural.
Raden Saleh banyak mendapat bimbingan dari pelukis Belgia Antonio Payen, pelukis Belanda A. Schelfhouf dan C. Kruseman di Den Haag. Dia sering berkeliling dunia dan pernah tinggal di Negara-Negara Eropa.
Raden Saleh banyak mendapat bimbingan dari pelukis Belgia Antonio Payen, pelukis Belanda A. Schelfhouf dan C. Kruseman di Den Haag. Dia sering berkeliling dunia dan pernah tinggal di Negara-Negara Eropa.
Ciri-ciri karya lukisan pada masa ini dengan Raden Saleh sebagai
pelopornya adalah :
- Bergaya
natural dan romantisme
- Kuat
dalam melukis potret dan binatang
- Pengaruh
romantisme Eropa terutama dari Delacroix.
- Pengamatan
yang sangat baik pada alam maupun binatang
Beberapa judul Karya Raden Saleh:
- Hutan
terbakar
- Perkelahian
antara hidup dan mati
- Pangeran
Diponegoro
- Berburu
Banteng di Jawa
- Potret
para Bangsawan
Contoh karya Raden
Saleh :
2. Masa Indonesia Jelita
Selanjutnya
muncul pelukis-pelukis muda yang memiliki konsep berbeda dengan masa
perintisan, yaitu melukis keindahan dan keelokan alam Indonesia.Keadaan ini
ditandai pula dengan datangnya para pelukis luar/barat atau sebagian ada yang
menetap dan melukis keindahan alam.
Masa ini dinamakan Indonesia Jelita karena pada masa ini Karya-karya yang dihasilkan para Seniman Lukis lebih banyak menggambarkan tentang keindahan alam, serta lebih banyak menonjolkan nada erotis dalam melukiskan manusia.
Masa ini dinamakan Indonesia Jelita karena pada masa ini Karya-karya yang dihasilkan para Seniman Lukis lebih banyak menggambarkan tentang keindahan alam, serta lebih banyak menonjolkan nada erotis dalam melukiskan manusia.
Tokoh Pelukis pada Masa Indonesia Jelita ini adalah
:
- Abdullah Suriosubroto
(1878-1941)
- Mas Pirngadi (1875-1936)
- Wakidi
- Basuki Abdullah
- Henk Ngantung, Lee Man Fong
(dll)
- Rudolf Bonnet (Bld), Walter Spies
(Bel), Romuldo Locatelli, Lee Mayer (Jerman) dan W.G. Hofker.
Ciri-ciri lukisan yang dihasilkan yaitu:
- Pengambilan obyek alam yang indah
- Tidak mencerminkan nilai-nilai jiwa
merdeka
- Kemahiran teknik melukis tidak
dibarengi dengan penonjolan nilai spiritual
- Menonjolkan nada erotis dalam
melukiskan manusia.
Contoh
Karya pada masa ini :
The
Day’s end Mount
Lukisan
cat minyak, karya Abdullah SR
3. Masa Cita Nasional
Masa
Cita Nasional yaitu Bangkitnya kesadaran nasional yang dipelopori oleh Boedi
Oetomo pada Tahun 1908. Seniman S. Sudjojono, Surono, Abd. Salam, Agus
Djajasumita mendirikan PERSAGI (Persatuan Ahli Gambar Indonesia). Perkumpulan
pertama di Jakarta, berupaya mengimbangi lembaga kesenian asing Kunstring yang
mampu menghimpun lukisan-lukisan bercorak modern. PERSAGI berupaya mencari dan
menggali nilai-nilai yang mencerminkan kepribadian Indonesia yang sebenarnya
Hasil
karya mereka mencerminkan :
- Mementingkan nilai-nilai
psikologis;
- Tema perjuangan rakyat ;
- Tidak terikat kepada obyek alam
yang nyata;
- Memiliki kepribadian Indonesia ;
- Didasari oleh semangat dan
keberanian;
Karya-karya seni lukis masa PERSAGI antara lain
:
- Agus Djajasumita : Barata Yudha,
Arjuna Wiwaha, Nirwana, Dalam Taman Nirwana
- S. Sudjojono: Djongkatan, Didepan
Kelambu Terbuka, Mainan, Cap Go meh.
- Otto Djaya: Penggodaan, Wanita
Impian
Penjual
Jamu, karya Otto Djaya Suminta
4. Masa Pendudukan Jepang
Masa
Pendudukan Jepang
- Cita PERSAGI masih melekat pada para
pelukis, serta menyadari pentingnya seni lukis untuk kepentingan
revolusi.
- Pemerintah Jepang mendirikan KEIMIN
BUNKA SHIDOSO,Lembaga Kesenian Indonesia –Jepang ini pada dasarnya lebih
mengarah pada kegiatan propaganda Jepang.
·
Tahun
1943 berdiri PUTERA (Pusat Tenaga Rakyat) oleh Bung Karno, Bung Hatta, Ki Hajar
Dewantara dan KH Mansur. Tujuannya memperhatikan dan memperkuat perkembangan
seni dan budaya. Khusus dalam seni lukis dikelola oleh S. Sudjojono dan Afandi,
selanjutnya bergabung pelukis Hendara, Sudarso, Barli, Wahdi dan sebagainya
Hasil karya mereka mencerminkan kelanjutan dari masa cita Nasional
Tokoh utama pada masa ini antara lain:
- S. Sudjojono
- Basuki Abdullah, Emiria Surnasa
- Agus Djajasumita, Barli
- Affandi,
Hendra dan lain-lain
5. Masa Setelah Kemerdekaan
Setelah Jepang keluar dari bumi Indonesia, dunia seni lukis
mendapatkan angin segar. Masa kemerdekaan benar-benar mendapatkan kebebasan
yang sesungguhnya. Hal ini ditandai dengan munculnya berbagai kelompok atau
perkumpulan seniman, yaitu antara lain :
- Pada
tahun 1946 berdiri SIM (Seniman Indonesia Muda) yang sebelumnya bernama
“Seniman masyarakat”. Dipimpin oleh S. Sudjojono, anggotanya : Affandi, Sudarso, Gunawan, Abdus
Salam, Trubus dan sebagainya.
- Pada
tahun 1947 berdiri perkumpulan pelukis rakyatyang dipimpin oleh Affandi dan
Hendra yang keluar dari perkumpulan SIM. Anggota dari pelukis rakyat
antara lain : Hendra, Sasongko, Kusnadi dan sebagainya.
- Pada
tahun 1948 berdiri perkumpulan yang memberikan kursus menggambar, yaitu
Prabangkara. Selanjutnya para tokoh SIM, Pelukis rakyat dkk. merumuskan
pendirian lembaga pendidikan Akademi Seni Rupa.Tokoh perintisan lembaga
tersebut antara lain S. Sudjojono, Hendra Gunawan, Djayengasmoro, Kusnadi,
Sindusisworo dan lain-lain.
- Pada
tahun 1950 di Bandung berdiri Balai Perguruan Tinggi Guru Gambaryang
dipelopori oleh Prof. Syafei Sumarja dibantu oleh Muhtar Apin, Ahmad
Sadali, Sudjoko, Edi Kanta Subraka dan lain-lain.
- Pada
tahun 1959 Balai Perguruan Tinggi Guru Gambar berubah menjadi jurusan Seni
Rupa pada Institut Teknologi Bandung.
Contoh
Karya Pada Masa setelah kemerdekaan :
Ikan Karya Hendra Gunawan
6. Masa Pendidikan Formal
Pada
masa ini ditandai dengan lebih mantap berdirinya pendidikan formal
Berdirinya
ASRI( Akademi Seni Rupa Indonesia ) Tanggal 18 Januari 1948 di Yogyakarta
dengan direktur R.J. Katams.
Perguruan
Tinggi Guru Gambar(sekarang jurusan seni rupa ITB) yang dipelopori oleh Prof.
Syafei Sumarja di Bandung.
Guru
gambar pada tingkat sekolah-sekolah menengah menuntut terbentuknya jurusan seni
rupa pada perguruan tinggi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikanyang terbesar
di Indonesia.
Dari
Masa Pendidikan Formal lahir pelukis-pelukis akademisseperti:Widayat, Bagong
Kusudiharjo, Edhi Sunarso, Saptoto, G. Sidharta, Abas Alibasyah, Hardi,
Sunarto, Siti Rulyati, Mulyadi, Irsam, Arief Sudarsono, Agus Dermawan, Aming
Prayitno, dan lainnya (Yogyakarta). Popo Iskandar, Achmad Sadali, But Muchtar,
Srihadi, A.D. Pirous, Hariadi, Kabul Suadi, Sunaryo, Jim Supangat, Pandu
Sadewa, T. Sutanto. (Bandung).
Contoh
karya Masa pendidikan Formal :
7. Masa Seni Rupa Baru Indonesia
Pada
sekitar tahun 1974, perkembangan seni rupa Indonesia disemarakkan oleh
munculnya seniman-seniman muda yang berlatar belakang berbeda, yaitu seniman
yang mendapatkan pendidikan formal dan otodidak sama-sama mencetuskan aliran
yang tidak dapat dikelompokkan pada aliran/corak yang sudah ada dan merupakan
corak baru dalam kancah seni rupa Indonesia.
Kesenian yang diciptakan berlandaskan pada konsep :
- Tidak membeda-bedakan disiplin seni
- Mengutamakan ekspresi
- Menghilangkan sikap mengkhususkan
cipta seni tertentu
- Mengedepankan kreatifitas dan serta
ide baru
- Besifat eksprimental
Pelopor Masa Indonesia Baru :
- Jim Supangkat,
- Nyoman Nuarta,
- S. Primka,
- Dede Eri Supria,
- Redha Sorana dan sebagainya.
Contoh karya pada masa
Indonesia Baru :
Inul
Main Ta'Patung karya Nyoman Nuarta
SENI RUPA MANCANEGARA
Seni
Rupa Mancanegara adalah hasil karya seni rupa yang berisi nilai budaya mancanegara.
Fungsi
Seni Rupa Mancanegara :
1.Seni rupa
sebagai media ekspresi
2.Seni rupa
sebagai media komunikasi
3.Seni rupa
sebagai media rekreasi
4.Seni rupa
sebagai media terapi
PERKEMBANGAN
SENI RUPA MANCANEGARA
1.
Seni rupa Mesir kuno. Seni rupa murni Mesir Kuno menghasilkan karya-karya
berupa patung, relief dan lukisan. Patung yang dibuat pada zaman Mesir
Kuno selalu dihubungkandengan pembangunan tempat-tempat sakral. Biasanya patung
Mesir merupakantradisi pengulangan (stereotype) bentuk patung yang pernah
dibuat.Patung-patung Mesir mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
1)
Sikap: berjalan dengan sikap kaki kiri di depan, tangan menggenggam. Kalau duduk
dengan sikap berlutut dan jongkok.
2)
Model: raja-raja dan dewa-dewa, sedangkan rakyat jelata bentuknya dibedakan dengan jelas
2.
Corak seni rupa Yunani Kuno. Perkembangan seni rupa murni Yunani Kuno dimulai
pada zaman Kreta berupa seni relief, seni lukis dan seni patung. Seni lukis
zaman Kreta cenderungmenggunakan teknik fresco yaitu pewarnaan lukisan pada
dinding bangunandalam keadaan basah. Sedangkan relief yang dikerjakan pada
dinding bangunandengan teknik pahatan (stucco). Seni lukis ditemukan di Knostos
yang bercorak dekoratif. Diperkirakan pada zaman Kreta bangsa Yunani telah
mahir membuat patung, hasil peninggalannya tidak ditemukan.Pada zaman gemilang,
seni patung Yunani benar-benar mengalami puncaknya. Hal ini karena patung yang
dibuat mempertimbangkan proporsi yang mendekati sempurna. Kemajuan seni patung
Yunani dipelopori oleh 3 seniman yang hidup pada masa itu. Mereka itu adalah
Phiedias, Myron, dan Polycletos.
a.
Aliran klasikisme dan aliran neo klasikisme .Aliran klasikisme lebih banyak
menjurus ke seni bangunan dan seni hias, akibat pengaruh dari gaya seni Yunani
dan Romawi. Sedangkan aliran neo klasikisme merupakan kelanjutan dari aliran
klasikisme dengan gaya yang lebih bebas.
b.
Aliran romantisme, realisme, dan naturalism .Ciri dari lukisan romantisme
adalah menampilkan adegan yang dramatis. Tahap berikutnya muncul aliran
realisme sebagai reaksi atas aliran romantisme yang penuh ilusi. Seniman realis
ini menghendaki penciptaan karya seni rupa sesuai aslinya. Lukisan realis
serupa dengan naturalis, hanya saja lukisan alirannaturalis lebih banyak
mengambil objek keindahan alam. Tokoh tersohor dari aliran naturalis-realis
ialah Leonardo Da Vinci dan Rembrandt.
c.
Aliran impresionisme dan aliran neo-impresionisme .Para pelukis aliran
impresionisme lebih mengutamakan kesan pencahayaan yangdibuat secara spontan
dan singkat. Selanjutnya muncul gaya neo-impresionisme sebagai protes terhadap
gaya impresionis yang melukis pencahayaan apa adanya.
d.
Aliran ekspresionisme, surealisme, dan abstraksisme. Aliran ekspresionisme
berusaha mengedepankan ekspresi jiwa, perasaan, danemosi. Sedangkan aliran
surealisme menggambarkan keadaan alam bawah sadar dan fantsai. Aliran abstrak
memiliki cara membebaskan diri dari bentuk-bentuk figurative (nyata), dan lebih
mengutamakan komposisi warna, garis,bidang, atau unsur-unsur lainnya.
e.
Aliran pop art dan aliran seni kontemporer. Pop art adalah
salah satu aliran seni modern abad ke-20. Aliran ini menentangaliran seni
abstrak, ekspresionisme, dan surealisme yang sulit dimengerti.Kemajuan
teknologi mengakibatkan seni rupa konvensional (seni lukis, patung,arsitektur)
bergeser kearah seni mesin (machinal art).
Pelaku
seni kontemporer tidak lagi terikat aturan-aturan seni lama. Mereka bebas
berekspresi menciptakangaya, media, dan teknik berkarya seni baru.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Secara garis besar fase perkembangan
sejarah seni rupa Indonesia dapat dikategorikan kedalam 7 fase, yaitu :
1. Masa Perintisan yaitu sekitar tahun 1817 sampai tahun 1880, 2. Masa
Indonesia Jelita, 3. Masa Cita Nasional, 4. Masa Pendudukan Jepang , 5. Masa
Setelah Kemerdekaan, 6. Masa Pendidikan Formal, 7.
Masa Seni Rupa Baru Indonesia. Sedangkan dalam Seni rupa Mancanegara ada 5
aliran, yitu: -
Aliran klasikisme dan aliran neo klasikisme,
- Aliran romantisme, realisme, dan naturalisme,
- Aliran
impresionisme dan aliran neo-impresionisme,
- Aliran ekspresionisme, surealisme, dan
abstraksisme, - Aliran pop art dan aliran seni
kontemporer.
B.
Saran
Makalah
tentang Perkembangan Seni Rupa Nusantara dan Mancanegara ini belumlah sempurna.
Masih banyak yang harus diperbaiki dan lebih dikembangkan lagi. Oleh karena itu
saya meminta kritik dan saran dari pembaca agar kedepannya saya dapan menulis
makalah yang jauh lebih baik dari sebelumnya.
DAFTAR PUSTAKA
5. http://blog-senirupa.blogspot.com/
+ komentar + 5 komentar
makasih banyak makalah seni budayanya
Izin Copas
Hanya modal 10 ribu bisa mendapatkan JUTAAN
Silahkan kunjungi www.pokerayam.co
Minimal Deposit 10.000
Minimal Penarikan dana 25.000
Dan dapatkan Jackpot Ratusan Juta Rupiah
Bonus Cashback Turn Over 0,5% Setiap minggu
Dapat Bermain Pada ANDROID DAN IOS
Pelayanan 24 jam Tanpa Batas
Bisa juga hubungi , info :
BBM : D8E5205A
♥ ♠ ♦ ♣ LEGENDAQQ ♥ ♠ ♦ ♣
Kami Hadirkan Permainan Baru 100% FAIR PLAY Dari
Legendaqq(dot)Net. :) 1 ID Untuk 8 Games :
- Domino99
- BandarQ
- Poker
- AduQ
- Capsa Susun
- Bandar Poker
- Sakong Online
- Bandar 66
Nikmati Bonus-Bonus Menarik Yang Bisa Anda
Dapatkan Di Situs Kami LegendaQQ(dot)Net. info
Situs Resmi, Aman Dan Terpercaya ^^ Keunggulan
LegendaQQ(dot)Net :
- Tingkat Persentase Kemenangan Yang Besar
- Kartu Anda Akan Lebih Bagus
- Bonus TurnOver Atau Cashback Di Bagikan Setiap
5 Hari
- Bonus Referral Dan Extra Refferal Seumur Hidup
- Minimal Deposit & Withdraw Hanya 20.000,-
- Tidak Ada Batas Untuk Melakukan
Withdraw/Penarikan Dana
- Pelayanan Yang Ramah Dan Memuaskan
- Dengan Server Poker-V Yang Besar Beserta Ribuan
pemain Di Seluruh Indonesia,
- LegendaQQ(dot)Net Pasti Selalu Ramai Selama 24
Jam Setiap Harinya.
- Permainan Menyenangkan Dengan Dilayani Oleh CS
cantik, Sopan, Dan Ramah.
Fasilitas BANK yang di sediakan :
- BCA
- Mandiri
- BNI
- BRI
- Danamon
Tunggu Apa Lagi Guyss..
Let's Join With Us At LegendaQQ(dot)Net ^^
Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami :
- BBM : 2AE190C9
- Facebook : Legendaqq
- WA : +855964987960
Link Alternatif :
- www.legendaqq(dot)net
- www.legendaqq(dot)org
- www.legendapelangi(dot)com
NB : untuk login android / iphone tidak
menggunakan www dan spasi ya boss ^_^
LEGENDAQQ
Kami Hadirkan Permainan Baru 100% FAIR PLAY Dari Legendaqq(dot)Net. :) 1 ID Untuk 8 Games :
- Domino99
- BandarQ
- Poker
- AduQ
- Capsa Susun
- Bandar Poker
- Sakong Online
- Bandar 66
Nikmati Bonus-Bonus Menarik Yang Bisa Anda Dapatkan Di Situs Kami LegendaQQ(dot)Net. info Situs Resmi, Aman Dan Terpercaya ^^ Keunggulan LegendaQQ(dot)Net :
- Tingkat Persentase Kemenangan Yang Besar
- Kartu Anda Akan Lebih Bagus
- Bonus TurnOver Atau Cashback Di Bagikan Setiap 5 Hari
- Bonus Referral Dan Extra Refferal Seumur Hidup
- Minimal Deposit & Withdraw Hanya 20.000,-
- Tidak Ada Batas Untuk Melakukan Withdraw/Penarikan Dana
- Pelayanan Yang Ramah Dan Memuaskan
- Dengan Server Poker-V Yang Besar Beserta Ribuan pemain Di Seluruh Indonesia,
- LegendaQQ(dot)Net Pasti Selalu Ramai Selama 24 Jam Setiap Harinya.
- Permainan Menyenangkan Dengan Dilayani Oleh CS cantik, Sopan, Dan Ramah.
Fasilitas BANK yang di sediakan :
- BCA
- Mandiri
- BNI
- BRI
- Danamon
Tunggu Apa Lagi Guyss..
Let's Join With Us At LegendaQQ(dot)Net ^^
Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami :
- BBM : 2AE190C9
- Facebook : Legendaqq
- WA : +855964987960
Link Alternatif :
- www.legendaqq(dot)net
- www.legendaqq(dot)org
- www.legendapelangi(dot)com
NB : untuk login android / iphone tidak menggunakan www dan spasi ya boss ^_^
Posting Komentar